Sejarah Hari Batik Nasional Sebagai Warisan Budaya Dunia

Novelpro.idSejarah Hari Batik Nasional Sebagai Warisan Budaya Dunia. Pada artikel kali ini kami akan membahas informasi mengenai Sejarah Hari Batik Nasional.

Di Indonesia setiap 2 Oktober pastinya akan memperingati Hari Batik Nasional. Tapi tahukan Anda seperti apa sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober?

Peringatan Hari Batik Nasional bermula dari sebuah keputusan Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB alias UNESCO yang menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Penetapan Hari Batik ini dilakukan melalui sebuah sidang Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang di selenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 2 Oktober 2009.

Baca Juga :Berikut Beberapa Contoh Bisnis Digital Yang Pastinya Menguntungkan

UNESCO menilai akan teknik, simbol, dan budaya batik yang sangat melekat dengan kebudayaan di Indonesia.

Hal tersebut membuat Presiden yang ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Namun, Hari Batik Nasional bukan merupakan sebagai hari libur, sehingga pekerja dan siswa tetap masuk pada hari tersebut.

Ketentuan ini tertuang di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 33 Tahun 2009 mengenai Hari Batik Nasional yang dikeluarkan pada 17 November 2009.

Menurut Keppres 33/2009, Hari Batik Nasional perlu di munculkan karena batik sudah mendapat pengakuan internasional sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

Baca Juga :Sangat menjanjikan! Ini Jenis Bisnis Online Yang Sedang Trend

Hal tersebut bisa dipandang dalam meningkatkan sebuah citra positif dan martabat bangsa Indonesia di forum internasional.

Selain itu, UNESCO juga menetapkan Hari Batik Nasional ini mengharapkan bisa menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia termasuk batik.

Melalui Keppres tersebut, Kementrian Dalam Negeri kemudian turut melahirkan Surat Edaran Nomor 003.3/10121/SJ mengenai Pemakaian Baju Batik dalam rangka Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober.

Berdasarkan surat tersebut, Kementrian Dalam Negeri mengimbau untuk seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan pemerintah pusat, baik itu provinsi, maupun kabupaten/kota untuk mengenakan batik setiap Hari Batik Nasional.

Jadi tidak heran, kini muncul gerakan mengenakan batik pada Hari Batik Nasional. Tidak hanya pejabat dan para pegawai, siswa-siswi di sekolah pun juga kerap mengenakan batik untuk memperingati hari tersebut.

Baca Juga :7 Tips Cara Bisnis Online Pemula Yang Mudah Di Lakukan

Nah, bagi Anda yang ingin mengucapkan hari Batik Nasional ini. Berikut kami akan memberikan 15 ucapan untuk Hari Batik Nasional 2022

5 Ucapan Hari Batik Nasional 2022

1. Selamat Hari Batik, jangan lupa pakai batikmu sebagai identitas bangsa Indonesia.

2. Meski zaman terus berubah, rasa cinta pada budaya kita jangan pernah ikut punah. Selamat Hari Batik Nasional.

3. Tanpa kita sadari, bahwa kain batik selalu ada dalam setiap momen perjalanan masyarakat Indonesia. Dari sejak lahir, sekolah, hingga menikah. Selama Hari Batik Nasional.

4. Keelokan alam Indonesia bisa terlihat dari keindahan kain batiknya. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

5. Selamat memperingati Hari Batik Nasional. Jangan sampai yang menjadi milik kita, diambil oleh bangsa luar.

Kesimpulan

Demikian informasi yang sudah kami sampaikan mengenai Sejarah Hari Batik Nasional Sebagai Warisan Budaya Dunia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Satu pemikiran pada “Sejarah Hari Batik Nasional Sebagai Warisan Budaya Dunia”

Tinggalkan komentar